Tipe Website yang Bikin Kesel

Sering browsing? Suka online? Demen surfing di dunia maya?

Bagi kalian yang gemar browsing dan ngulik internet pasti tahu kalau ada zutaan (iya, pake z biar lebayz) website di jagad maya ini. Ada yang loadingnya sampe bikin ubanan, ada yang loadingnya cepet banget kayak Gojek, ada yang isinya menarik, ada yang isinya nyampah, ada juga yang isinya bermanfaat. Intinya banyak banget.

Pernah nggak lo mengalamin peristiwa kayak gini: lo lagi ngerjain laporan untuk tugas kuliah dan lo perlu ngambil suatu materi dari internet. Pas Googling, lo ketemu link yang isinya sesuai harapan lo tapi pas lo klik ternyata itu link bodong yang nge-direct lo ke website lainnya, dan karena penasaran lo ngeklik lagi link yang disitu, dan lo di-direct lagi ke website lain, dan begitu seterusnya sampai akhirnya lo frustasi dan pengen ngebanting itu komputer?

Percayalah, gue juga pernah mengalaminya. Maka dari itu di posting kali ini gue akan sharing beberapa tipe website yang sering gue temuin di dunia maya berdasarkan klasifikasi gue sendiri. Oke, let's check them out.

1. Website Iklan
Pasti pernah kan sengaja atau tanpa sengaja masuk ke website yang tampilannya seperti di bawah ini?
Internet-Positif-Penuh-Iklan
Sangat disayangkan, salah satu laman website yang penuh iklan
adalah homepage Internet Positif
Setelah Googling, lo menemukan link yang kayaknya cocok, tetapi pas lo buka beuh itu website udah kayak papan lampu LED di konter HP: warna-warni kelap-kelip ajeb-ajeb. Manalagi iklannya tentang obat kuat, sex toys, atau hal-hal yang berbau sedap serupa. Yang ada pikiran lo jadi teralih karena lo nggak mendapatkan apa yang lo mau dan tanpa sengaja mengklik salah satu iklan-iklan itu yang ternyata spam.


2. Website yang minta macem-macem
Gue sering mengalami ini kalau jaringan internet gue mengalami gangguan. Untuk masuk ke website ini aja lo diminta menjawab captcha yang tulisannya kecil-kecil, buram dan hurufnya gede-kecil  campur aduk mirip tulisan anak alay. Udah gitu setelah lo berhasil masuk, lo akan disambut oleh iklan pop-up yang maksa lo buat subscribe dengan meminta alamat email lo.

Subscribe via Email
Pop-up window yang minta untuk subscribe adalah salah satu
tipe website yang bikin gue kesel
Selesai di subscribe, lo akan diminta mengisi captcha sekali lagi buat memastikan lo orang bukan barang. Jika menemukan website seperti ini, saran gue sebaiknya lo close aja karena who knows setelah alamat email lo dia bisa minta apa lagi. Siapa tahu besok-besok dia bakal minta ukuran sepatu lo, minuman favorit, makanan favorit dan silsilah keluarga lo.


3. Website yang nyolong kursor
Yang gue maksud dengan nyolong kursor disini adalah ketika lo masuk ke website sejenis ini, tiba-tiba aja kursor lo berubah wujud kayak Power Rangers, dari yang semua hanya berbentuk panah putih polos tak bernoda jadi peri cupid bantet warna pink yang menaburkan glitter kelap-kelip ke seluruh halaman ketika lo menggerakan mouse. Sampai saat ini gue masih bingung sama orang-orang yang bikin website mereka jadi kayak gini. Ngerubah hidup kita aja dia belum tentu sanggup, tapi udah sok-sokan mengubah tampilan kursor kita. Dunia ini sungguh sudah gila.


4. Website yang langsung main
I hate autoplay meme
I hate autoplay!
Yang gue maksud adalah website dengan konten video dengan fitur autoplay. Jadi ketika lo mengklik link homepage website ini, lo akan di-direct ke halaman utamanya yang berisi video atau iklan dan tanpa menghormati perasaan sekaligus kuota internet lo yang lagi mengap-mengap, itu video yang isinya nggak jelas langsung diputar otomatis dengan kualitas HD pulak. Disini gue membicarakan website umum, bukan YouTube atau sejenis video showcase lainnya. Fitur autoplay seperti ini juga bisa lo temukan di Facebook dan Twitter, tapi untungnya bisa lo matiin settingannya.


5. Website Buat Duit
Jenis website yang terakhir ini biasanya tidak akan mengizinkan lo mendapatkan sesuatu dari mereka dengan mudah. Biasanya gue ketemu website ini kalau lagi nyari-nyari lagu atau video klip 3gp. Ketika lo udah senang dan hampir sujud syukur karena akhirnya menemukan link download file yang selama ini lo cari-cari, ternyata lo malah diarahkan ke sebuah halaman iklan, biasanya Ad*fly yang meminta lo untuk menunggu selama 5 detik sebelum mendownload. Nggak cuma lima detik, bahkan ada beberapa website yang meminta lo nunggu selama 1 jam!

Demikian jenis-jenis website yang ngeselin versi Land of Fab. Kalau lo menemukan website lain yang nggak kalah nyebelin tapi belum masuk dalam kategori ini, tolong kasih tahu ya!

Keep rockin' n fabulous!