SOSIAL MEDIA: Twitter Hashtags dan Artinya

Hashtag. Bagi para pengguna sosial media (sosmed) pasti sudah akrab dengan istilah itu. Hashtag adalah kata-kata atau istilah yang berfungsi sebagai kata-kata kunci (keywords) dalam media sosial. Penggunaan hashtag pertama kali dipopulerkan lewat Twitter, kemudian merambah hingga Facebook dan akhirnya populer dipakai di Instagram. Pasti pernah dong melihat posting Instagram yang jumlah hashtag-nya lebih banyak dari deskripsi fotonya?

Gambar Instagram penuh hashtag
Nggak ada deskripsi foto-nya, tapi malah penuh hashtag!
Sumber gambar: Google Image

Banyak orang yang menggunakan hashtag hanya sebagai hiasan atau seru-seruan, tetapi bagi yang bergelut di bidang sosial media pasti tahu betapa vitalnya penggunaan hashtag. Kata-kata kunci ini membuat postingan kita lebih mudah dicari dan lebih mudah diekspos.

Di Twitter sendiri ada beberapa hashtag yang menduduki posisi trending dunia, kurang lebih artinya hashtags inilah yang paling sering muncul atau digunakan oleh para Tweeps, alias pengguna Twitter. Beberapa hashtags mungkin sudah jelas artinya, misalnya #SaveGoJek atau #KulinerIndonesia, tetapi ada juga yang hanya berupa singkatan seperti #tb. Di posting kali ini, gue akan mencoba membahas beberapa hashtag populer yang beredar di Twitter beserta artinya.

#tb = Throwback
Biasanya digunakan pada tweets yang membahas peristiwa yang sudah lewat pada hari-hari tertentu dan diulang di hari yang sama. Beberapa variasi hashtag ini antara lain #tbs yang berarti Throwback Saturday atau Sunday, untuk peristiwa lampau yang terjadi di hari Sabtu atau Minggu dan #tbt berarti Throwback Thursday untuk hari Kamis.
Misalnya kalau Kamis minggu lalu kamu ketemu sama One Direction, kamu bisa bikin nge-tweet Kamis ini seperti:
                Tiap x ngeliat foto ini, masih nggak percaya bisa kesampaian 
                ketemu langsung sama One Direction! #TBT


#oomf = One Of My Followers
Gunakan hashtag ini kalau kamu mau nyebut atau membahas salah satu follower kamu. Misalnya kamu ngefans sama Selena Gomez dan dia nge-follow kamu (ngarep), kamu bisa bikin tweet kayak gini:
                Udah cantik, suaranya enak lagi. Tipikal calon pacar idaman banget nih!
                @SelenaGomez #oomf
                (atau pakai Bahasa Inggris biar doi ngerti)


#yolo = You Only Live Once
Lo cuma hidup sekali! Kurang lebih itulah arti hashtag ini. #yolo ini lumayan random dan biasanya dipakai di tweets yang sifatnya joking (bercanda), kata-kata mutiara, atau ketika lo mau berbagi suatu pengalaman unik.
Misalnya ketika lo akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan di Tanah Abang pas H-1 sebelum Lebaran tanpa sehelai benangpun, lo bisa posting foto lo dan nge-tweet kayak gini:
                Nggak sabar nunggu Lebaran. Edisi insyaf nih. #yolo
                (terus lo attach deh foto lo itu. Dijamin pasti bakal jadi 
                trending topic worldwide!)


#ff = Follow Friday
Ketika lo menemukan satu akun yang oke dan layak di-follow, lo bisa nge-tweet di hari Jumat dan menggunakan hashtag ini. Atau buat yang haus ingin menambah follower juga bisa kok!
Misalnya:
                Astajim pas ngaca barusan gue nyadar kalau ternyata 
                gue cakep luar biasa. #ff @guesialayganteng


#ICant, #Cryin #ImCrying #Dead
Jangan disalahartikan karena arti hashtags ini tidak seperti arti harafiah-nya (I can't = saya tidak bisa, Dead = Mati). Hashtags ini biasanya digunakan ketika lo mau sharing tentang sesuatu yang super lucu, begitu lucunya sampai rasanya lo mau ketawa sampai mati (dead) atau sampai menangis. I Can't disini kurang lebih bisa diartikan "Oke gue nggak kuat lagi".
Contoh:
                Lagi nonton Standup Comedy, sumpah @RadityaDika ngocol abis.
                Nggak kuat lagi! #ICant #ImCrying #Dead


#OOTD = Outfit Of The Day
Hashtag yang satu ini belakangan lebih sering muncul di Instagram. Bagaimana cara pakainya? Kalau misalnya suatu hari lo lagi merasa penampilan lo super oke, silakan bikin selfie dengan gaya yang paling cucok lalu posting foto lo di Twitter atau Instagram, disertai hashtag ini #OOTD
Misalnya:
                Just found this beautiful flower skirt online with crazy cheap price,
                via @Tokopedia Gimana, oke binggits kaaan? #OOTD


GFF = Great Fashion Finds
Hashtag ini artinya kurang lebih sama dengan #OOTD dan bisa digunakan bersamaan


#BFF = Boy Friends Forever, #GFF = Girl Friends Forever
Agak susah mengartikan kedua hashtags ini, tetapi kurang lebih artinya mau menunjukan persahabatan lo dengan seseorang atau beberapa sahabat karib lo. Biasanya digunakan pada tweet / posting foto lo dengan sahabat-sahabat lo.
Contoh:
                2015 - Celebrating 10 Years of Friendship! I love you guys! @raymoniaga
                @jerioR [masukin foto kalian disini] #BFF


#np = Now Playing atau No Problem
Ketika lo mendengarkan suatu lagu atau nonton video klip musik yang oke dan mau di-share ke media sosial, lo bisa menggunakan hashtag yang ini. Kalau lagi nonton bokep yang oke terus pengen lo umbar ke seluruh jagad dunia maya, lo juga bisa pakai hashtag ini.
Misalnya:
                #np new single from @TheVampsband "Somebody To You"
                [masukin link SoundCloud atau Youtube-nya disini]

Untuk kasus yang artinya no problem, lo bisa menggunakannya sesuai artinya.


#LOL = Laughing Out Loud, 
#LMAO = Laughing My Ass Off
Arti dan penggunaannya hampir mirip dengan #ICant, #Cryin #ImCrying #Dead. Lo bisa pakai hashtags #LOL ini untuk sesuatu yang lo rasa lucu, jenaka atau gokil.


#xoxo = Kiss and Hug
Hashtag ini biasanya digunakan diakhir suatu tweet atau posting, dan berfungsi sebagai sebuah salam perpisahan yang akrab. Istilah xoxo ini sebetulnya pertama kali diperkenalkan dalam serial TV Gossip Girl. Nah, ada yang pernah nonton?
Contoh penggunaannya seperti ini:
                Have a blast tonite with ya'll @raymoniaga @jerioR. 
                Great birthday party @miemii
                See you all very soon! #xoxo

Demikianlah beberapa hashtag yang populer digunakan di sosial media. Semoga posting kali ini bisa membantu lo semua agar bisa menggunakan hashtags ini dengan lebih efektif dan sesuai dengan artinya ya!


xoxo