Film Asik: Yang diketahui sejauh ini tentang FANTASTIC BEASTS

Dua hari lalu, dunia maya (dan dunia sihir) dihebohkan dengan tweet dari J.K. Rowling yang shared  trailer dari film Fantastic Beasts and Where To Find Them. Film ini sendiri baru akan ditayangkan tanggal 18 November nanti (AS).

Cover buku "Fantastic Beasts & Where To Find Them" versi Bahasa Indonesia
Cover buku "Fantastic Beasts & Where To Find Them"
versi Bahasa Indonesia

Sebetulnya Fantastic Beasts ini film tentang apa sih? Well, para sesama Potter-heads di luar sana pasti minimal tahu judul film ini. Judul film ini diambil dari buku berjudul serupa yang juga di tulis oleh J.K. Rowling. Buku Fantastic Beasts and Where To Find Them sebetulnya adalah buku pelajaran (textbook) yang digunakan di Hogwarts dan  ditulis beneran oleh Rowling untuk charity.

Isu soal pembuatan film Fantastic Beast sendiri sudah berhembus kurang lebih dua tahun setelah Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2 - film terakhir dalam serial Harry Potter. Sejak saat itu, berbagai berita berseliweran soal Fantastic Beast, sampai akhirnya Warner Bros resmi mengumumkan bahwa film ini betul-betul sedang digodok dan akan tayang pada 2016 nanti.

Banyak berita-berita yang beredar soal Fantastic Beast, dan sayangnya sebagian kurang tepat. Untuk post kali ini gue mencoba merangkum fakta-fakta yang sudah diketahui sejauh ini soal Fantastic Beast, diambil dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.

1. Ini bukan prekuel atau sequel Harry Potter. Ini adalah spin-off
Gue menemukan beberapa situs menyebut-nyebut Fantastic Beast sebagai prekuel atau sekuel serial Harry Potter. Ini kurang tepat karena sebetulnya buku Fantastic Beast sendiri tidak ada hubungannya sama sekali dengan Harry, dkk, kecuali buku itu digunakan sebagai buku pelajaran di Hogwarts. David Yates, sang sutradara jelas-jelas menyebut Fantastic Beast sebagai spin-off, artinya BUKAN sekuel atau prekuel, tetapi masih dengan latar belakang dunia yang sama, yaitu dunia sihir. Jadi tidak sama dengan The Hobbit yang memang menjelaskan asal-usul kemunculan cincin yang kemudian bikin masalah di trilogi The Lord of The Rings.

Setting waktu Fantastic Beasts adalah pada tahun 1926-an, sekitar 60 tahun sebelum Harry lahir. Jadi bisa dipastikan nggak bakal ada Harry dkk pada zaman itu. Tapi menurut gue Dumbledore bisa saja muncul, karena kata pengantar dari buku Fantastic Beast sendiri ditulis oleh Dumbledore. Voldemort sendiri kemungkinan masih dalam "tahap jadi jahat" pada masa itu.


Tokoh utama Fantastic Beasts adalah Newt Scamander, seorang magizoologist. Tokoh ini diperankan oleh si ca'em Eddie Redmayne dan secara garis besar menceritakan petualangan Newt dan hubungannya dengan para makhluk gaib di New York.

Eddie Redmayne memerankan Newt Scamander, tokoh utama
film ini. Sumber gambar: comingsoon.net


3. Film ini juga tidak mengadopsi bukunya mentah-mentah.
Bagi kalian yang sudah baca buku Fantastic Beasts pasti tahu kalau buku itu betul-betul kayak buku pelajaran sekolah, yang mana isinya berupa penjelasan soal makhluk dan binatang gaib, alias nggak ada plot sama sekali.

Menurut FantasticBeastsMovies.com, film ini akan dibuat dalam bentuk trilogi. Buku Fantastic Beasts sendiri terlalu tipis untuk dijadikan trilogi, so kemungkinan besar ceritanya hanya akan mengacu pada isi buku ini, bukan mengadopsinya mentah-mentah.


4. Naskahnya ditulis oleh J.K. Rowling
Dalam trailer resmi yang dirilis Warner Bros, tertulis "Story by J.K. Rowling". Disini Rowling memang didapuk menjadi penulis naskah Fantastic Beasts. Artinya, trilogi film ini menceritakan sebuah kisah BARU yang ditulis oleh J.K. Rowling sendiri, BERDASARKAN buku Fantastic Beasts dengan LATAR BELAKANG dunia sihir. Sejauh ini, belum ada berita terbaru mengenai detil cerita itu sendiri. Ini trailer filmnya:




5. Setting-nya bukan di Inggris, tetapi di Amerika. Lebih tepatnya New York
Satu lagi penjelasan mengapa film ini tidak ada hubungannya sama Harry Potter dkk. Cerita dalam film ini mengambil setting tempat di New York, Amerika. Sang tokoh utama Newt Scamander sendiri memang berasal dari Inggris, tapi film ini menceritakan petualangan yang dialami Newt di Amerika. Kecil kemungkinan bakal ada kastil Hogwarts, Quidditch, Hogsmeade, dll.


Screenshot tweet J.K. Rowling soal Newt dan New York.
Sumber gambar: dailymail.co.uk


6. Karakter-karakter yang akan muncul

Karakter-karakter yang akan muncul di Fantastic Beasts
Karakter-karakter yang akan muncul di Fantastic Beasts.
(kiri ke kanan) Porpentina, Newt, Queenie dan Jacob
Sumber gambar: comingsoon.net

Dalam buku Fantastic Beasts sendiri, hanya disebutkan si Newt Scamander sebagai "penulis" buku itu dan istrinya, Tina. Ini adalah penjelasan mengenai siapa karakter-karakter yang akan muncul di film itu:

Newt Scamander - Adalah seorang magizoologis eksentrik asal Inggris yang lebih nyaman berada di sekeliling makhluk-makluk gaib ketimbang manusia. Datang ke New York dengan sebuah misi, bersama sebuah koper yang  penuh dengan spesies-spesies langka makhluk gaib. Diperankan oleh Eddie Redmayne.

- Porpentina Goldstein - Seorang pegawai ambisius di Kongres Sihir Amerika Serikat (Magical Congress of the USA - MACUSA, alias Kementerian Sihir-nya Amerika) yang bertemu Newt. Karena membela seseorang yang keliru, Tina dipindahtugaskan untuk sebuah pekerjaan yang jauh dibawah kemampuannya. Dia selalu ingin memperjuangkan apa yang benar. Diperankan oleh Katherine Waterson.

- Queenie Goldstein - Adik perempuan sekaligus teman sekamar Tina. Seseorang yang baik dan suka kebebasan, sekaligus seorang Ligilimens. Dia menyebut diri sebagai "bombshell". Diperankan oleh Alison Sudol.

- Jacob Kowalski - Seorang No-Maj (sebutan untuk Muggle di AS) yang bekerja sebagai pegawai pabrik yang ingin jadi tukang roti. Dia diperkenalkan dengan dunia sihir gara-gara bertemu Newt. Diperankan oleh Dan Fogler.

- Graves - Seorang Auror hebat dan tangan kanan dari presiden sihir AS (Kemungkinan semacam sekretarisnya). Diperankan oleh Collin Farrel.

- Mary-Lou - Seorang pemimpin berpikiran sempit dari kelompok fanatis Second Salamer. Grup ini berniat menemukan para penyihir dan membasmi mereka. Diperankan oleh Samantha Morton.

- Credence - Anak adopsi Mary Lou. Diperankan oleh Ezra Miller.

- Modesty - Seorang gadis muda dengan kekuatan yang besar dan kemampuan untuk mengerti dan memahami orang lain. (Random banget)


7. Kemungkinan ceritanya seperti apa?
Nah, ini dia pertanyaan terbesarnya. Jika dilihat dari karakter-karakter yang ada dan penjelasan umum mengenai ceritanya sendiri, ini adalah PREDIKSI gue:

- Si Newt Scamander ini kayak semacam Pokemon Hunter, dia berkeliling dunia untuk mengumpulkan makhluk-makhluk fantastis ini dan dimasukin ke dalam kopernya. Karena ada adegan yang cukup mencurigakan dalam trailer-nya ketika si Newt membuka kopernya da terdengar suara geraman makhluk buas kayak singa. Kemungkinan kopernya itu mirip sama tas tangan Hermione yang diperbesar secara sihir.




- Pas di New York, entah bagaimana ada makhluk sihir dari koper itu yang lepas. Kemungkinan besar akibat ulah si Jacob Kowalski. Ini bisa jadi penjelasan yang masuk akal kenapa ada tokoh No-Maj dalam film ini. Mirip seperti keterlibatan keluarga Dursley ketika mereka memergoki Harry melakukan sihir.

- Newt bertemu dengan si Porpentina. Tina bersedia membantu Newt mengumpulkan kembali makhluk-makhluk itu. Singkat cerita mereka jadian. Karena dalam buku Fantastic Beasts disebutkan kalau Newt dan Tina adalah pasangan suami istri.


Newt dan Tina. Sumber gambar: comingsoon.net

- Makhluk-makhluk gaib yang dibawa Newt membocorkan identiasnya sebagai penyihir dan membuatnya dikejar-kejar oleh Mary-Lou dan kelompoknya, Second Salamers. Mary Lou kemungkinan adalah tokoh antagonisnya. Menurut gue, Mary-Lou ini kemungkinan adalah "musuh" dari Graves, karena disebutkan karena Graves adalah seorang Auror. Graves kemungkinan bertemu dengan Newt dan Tina, dan mereka kabur-kaburan dari Mary Lou sambil berupaya mengumpulkan kembali makhluk-makhluk yang lepas dari koper Newt.

- Disini Queenie, adiknya Tina mungkin berperan sebagai pembantu, karena dia disebutkan sebagai seorang Ligilimens. Queenie membaca pikiran Mary-Lou dan inilah yang membantu mereka untuk kabur / terbebas dari serangan Mary-Lou.

Singkat cerita, gue mengendus adanya kemiripan dengan plot film The Magician's Apprentice. Sekali lagi ini cuma prediksi yang gue buat berdasarkan karakter-karakter yang ada dan sinopsis cerita yang udah muncul.

Demikian fakta-fakta yang bisa gue rangkum dari berita-berita yang ada. Gue sebetulnya berharap ada informasi lebih soal Fantastic Beasts, tapi sumber dari internet sendiri masih sangat minim. Gue menganggap ini wajar karena film-nya sendiri baru akan tayang setahun dari sekarang. Tapi satu hal yang bisa gue pastikan, tidak akan ada Harry Potter, Hogwarts, dll disini. Buat kalian yang menganggap ini adalah film tentang kemunculan kembali Harry Potter, kalian salah besar. Ini adalah cerita yang baru, dan kenyataan bahwa film ini akan dibikin trilogi plus kehadiran J.K. Rowling sendiri sebagai penulis skenario-nya melambungkan harapan gue akan film ini. Semoga sesuai kenyataan.

Bagaimana menurut kalian?

Situs resmi film ini adalah: www.fantasticbeasts.com