Playlist: Rekomendasi Lagu Asik Minggu Ini

Oke guys, setelah lama vakum, gue seneng banget karena bisa ngumpulin materi buat posting Playlist lagi! FYI, post Playlist terakhir adalah TIGA TAHUN yang lalu! Banyak banget yang berubah di dunia musik sejak saat itu, salah satu yang paling menonjol menurut gue adalah kebangkitan genre electro-pop or kerennya disebut EDM! Well, bukannya mau sombong atau apa tapi gue dan Ray udah memprediksi trend ini sejak dua tahun lalu. Nggak percaya? Silakan cek post Playlist yang sebelum-sebelumnya.

Ngomongin soal EDM, jujur belakangan gue udah mulai bosen sama genre ini. Ray juga kayaknya begitu. Entah kenapa, belakangan gue menganggap tipe musik jedak-jeduk ini dangkal. Memang easy listening, tapi nggak remarkable. Alhasil, ngga ada satupun yang nempel di otak gue. Sebagai contoh, ada nggak yang inget satu aja single dari album terakhir Britney: Femme Fatale? Atau Ke$ha, dimana dia sekarang? Gue bisa menyebutkan beberapa nama penyanyi lain yang cuma ngetop lewat  satu single dan hilang ditelan bumi.

Oke, sebelum gue ngebacot kepanjangan soal electro-pop, berikut ini rekomendasi lagu-lagu yang menurut gue asik buat didengerin. Spoiler: ngga ada satupun yang bergenre EDM!


Gila, penyanyi yang satu ini bener-bener bikin gue melting sama suara dan lagu-lagunya! Yang gue suka dari Sara adalah, dia cenderung ngeluarin single yang genre-nya selang-seling: kadang-kadang pop, kadang-kadang ballad. Dan gue suka semuanya! "She Used To Be Mine" adalah single ballad terbaru dari Sara. Lagu ini bisa dibilang semi instrumental karena majorly lagu ini diiringi piano - satu lagi ciri khas Sara yang gue demen banget. Kalo lo ngedengerin liriknya bener-bener, bakal berasa dalem banget. Yang gue tangkap inti lagunya soal patah hati. Bagi gue "She Used To Be Mine" ngga secengeng lagu-lagu Adele, dan itulah salah satu alasannya masuk dalam Playlist minggu ini.

Yes, kalian nggak salah baca. THE CORRS! Pasti kalian berpikir band ciamik yang satu ini udah bubar kan? Sama, gue juga berpikir begitu sampai gue ketemu "Bring On The Night". Setelah vakum satu dekade, akhirnya band ini ngeluarin single lagi! "Bring On The Night" murni bergenre pop. Vokal Andrea Corr yang lirih dipadu dengan nada yang naik turun meliuk-liuk khas The Corrs bener-bener memuaskan kerinduan gue akan band ini. Iringan band yang sederhana tapi "nempel" khas 90's dipadu dengan sentuhan biola (atau cello?) ala The Corrs membuat "Bring On The Night" masuk dalam Playlist minggu ini. Easy listening dan SEGER!


Gue belum pernah denger versi non-akustiknya tapi jujur gue ngga gitu tertarik karena versi akustiknya bener-bener nancep. Aransemen musiknya klop dengan warna suara Birdie yang tipis-tipis ngambang itu. Lagu ini juga termasuk ballad (FYI gue ngga lagi galau!) dan enak didengerin pas hujan turun di sore hari. Serius. Lo harus coba.


Bayangkan lo lagi naik VW kombi jadul bareng temen-temen gang lo, menyusuri sebuah pantai di Spanyol pada sore hari selepas piknik. Lalu ada seseorang yang memetik gitar dan mulailah lo bernyanyi. Terlepas dari liriknya yang mungkin cuma para bule Prancis sono yang ngerti, beat lagu ini yang ajaibnya dihasilkan oleh petikan gitar sukses bikin gue tersenyum. Vokal Florent Pagny yang renyah dikombo sama suara Anggun yang seksi berasa kayak lemon juice dingin! Lagu ini ceria banget. Selain bikin lo gebet pengen belajar bahasa Prancis, gue jamin kaki lo juga bakal goyang-goyang mengikuti iramanya. PS: Lirik lagu ini, menurut telinga gue, terdiri dari bahasa Spanyol dan Prancis!

Oke, sebenarnya ngga adil karena gue cuma mention lead single Carrie Underwood, padahal penyanyi country favorit gue ini baru aja ngeluarin album kelima-nya: STORYTELLER. Bisa dibilang hampir ngga ada lagu Carrie yang gue ngga demen, bahkan bisa dibilang kecintaan gue terhadap country disebabkan oleh penyanyi kelahiran Checotah, Oklahoma ini. "Smoke Break" bisa jadi lagu perkenalan sekaligus comeback single yang cocok. Meski gue kangen tarikan nada-nada panjang ala diva yang biasanya nongol di lagu-lagu Carrie, tapi gue jamin lagu ini bakal bikin kalian jatuh hati. Single ini gue pilih karena country-nya nggak sekental lagu-lagu yang lain dalam Storyteller. Dan soal liriknya, coba kalian simak baik-baik deh. Somehow pasti kalian berasa lagu ini "gue banget" (apalagi yang lagi down) dan kalian jadi kepengen ikutan ngambil "Smoke Break" juga.


Demikian rekomendasi Playlist minggu ini. Memang sebagian besar didominasi penyanyi cewek tapi yah sorry to say, nggak ada penyanyi cowok yang bikin gue greget belakangan ini (exception goes to Sam Smith but "Writing's on The Wall" menurut gue terlalu bikin depresi). Gue berharap kalian juga suka lagu-lagu ini! Cheers!