Album Review: Roman Reloaded - The Minaj Way!



Nicki Minaj Album - Roman Reloaded 2014
Sebetulnya saya tidak begitu antusias ketika pertama kali mengenal Nicki Minaj lewat debut albumnya: The Pink Friday. Berhubung saya bukan penggemar (berat) Rap, saya menganggap Minaj hanya sebagai crosspasser. Kita akui saja, rap bukan dunia untuk penyanyi wanita! Kalaupun ada segelintir yang eksis - seperti Missy Elliot - mereka telah menempuh perjalanan jauh sehingga bisa terus dikenal.

Well, sepertinya formula kerja keras menahun tidak berlaku untuk Minaj. Bagi saya, yang sebetulnya dibutuhkan untuk menggebrak industri musik adalah sesuatu yang inovatif, fashion-oriented dan easy-listening.
Dan sepertinya Nicki Minaj paham betul soal trik ini.

Sebelumnya saya harus berterima kasih untuk Rihanna yang telah mempopulerkan kepada dunia genre Electro Hip Hop [Siapa yang tidak ingat "Umbrella"?] Penggabungan musik elektronik serta ocehan dan tone menghentak dari hiphop ini terbukti menjadi genre ampuh yang selalu berhasil memikat pendengar.

Saya rasa, Roman Reloaded mencoba mengakusisi segala perkembangan yang muncul setelah Umbrella. Saya salut pada Minaj yang, lewat album ini, membuktikan dirinya bukanlah seorang penyanyi dengan selera fashion quirky yang hanya bisa menyanyikan lagu berlirik penuh kata-kata makian. Roman Reloaded bagaikan buku resep masakan dunia. Sembilan belas tracks dalam album ini tumplek blek menjadi paket yang anehnya tidak quirky seperti penampilan penyanyinya, tetapi begitu nikmat didengar.

Bagi penggemar dance, beberapa single jagoan dari album ini betul-betul bikin addict; sebut saja Starship dan Automatic. Tidak asal gedebak-gedebuk, lagu-lagu ini memiliki dentuman beat yang tajam dan keras, tetapi  lihai memainkan emosi. Mengambil istilah film: memiliki awal, klimaks, dan akhir!

*PS:
Ray wrote this post back in 2013.
I promise to post it but never make it.
I'm sorry pal! Now I'm posting it though
it might be a little too late :)