Album Review: Adele Turns '21'!

Album

Title: 21
Artist: Adele
Date Released: January 19th, 2011, February 22th, 2011 (North America)
Music Score: 91
Tidak percuma usaha Adele menggandeng beberapa musisi populer saat ini seperti Rick Rubin dan Ryan Tedder, karena album keduanya yang bertajuk ‘21’ telah berhasil menjawarai sejumlah tangga lagu Eropa dan Amerika termasuk menjadi yang teratas di Billboard Top 200 pada minggu pertama peluncurannya. Secara musikalitas, album ini tergolong inovatif. Persis seperti yang telah dilakukan oleh Amy Winehouse, Adele keluar dari zona amannya demi menciptakan materi urban soul yang lebih keras dan sesuai dengan pasar Amerika.

Imej kuat The new Adele berhasil dibawakan lewat lagu “Rolling In The Deep”, yang dideskripsikan oleh Adele sendiri sebagai “dark bluesy gospel dance track”, sedangkan interpretasi soul train a la Adele bisa dinikmati lewat balada “One and Only” dan “Rumour Has It” yang banjir gebukan drum dan bass. Ada satu yang menarik yakni musik neo soul yang meresap dalam pada lagu “I’ll Be Waiting” dan recycle lagu lama milik The Cure, “Lovesong”.

Ibarat makan semangkok bakso campur: ada bakso halus dan kasar, mendengarkan ‘21’ terasa begitu menggoyang kuping dengan ragam musik yang belum pernah ditampilkan sebelumnya. Sangat berbeda dengan album perdananya ‘19’ yang dirilis pada tahun 2008 dimana Adele bermain monoton dengan jenis musik indie yang smooth dan loungy, kali ini sang penyanyi mencoba menjadi lebih ‘kasar’ lewat hentakan irama soul bercampur sentuhan blues, pop, folk dan gospel. Seperti bakso campur, ‘21’ menjadi santapan lengkap dengan dominasi citarasa ‘kasar’ namun di satu sisi tidak meninggalkan kesan ‘halus’ yang telah dibangun sebelumnya. Buktinya “Turning Tables” terdengar sangat ‘19’, dan “Someone Like You”, “Take It All” serta “Don’t You Remember” masih lekat dengan piano dan akustik pop khas Adele. Semuanya bisa dinikmati dalam satu 'mangkok'.

‘21’ merupakan album yang brilian, memuaskan, adiktif dan berani, sekaligus menjadi tanda bukti bahwa Adele memang seorang artis tulen, bukan sekadar penyanyi stereotip hasil industri yang hanya akan numpang lewat dengan one hit wondernya dan mencari popularitas lewat bahan obrolan tabloid, atau membelalakkan mata semua orang dengan cara berpakaiannya yang diluar batas. Adele bahkan tidak mengikuti fesyen!