Album Review: Hembusan Jiwa Chrisye dalam 'Orkestra'


Sudah menjadi rahasia umum bagi para penikmat musik tanah air bahwa Erwin Gutawa dan Chrisye, sejak pertemuan pertama mereka telah menjadi kolaborasi emas yang menghasilkan berbagai alunan musik nan indah. Puncaknya saat album soundtrack Badai Pasti Berlalu kembali dirilis pada tahun 1999, Erwin Gutawa dan Chrisye menuangkan segala bentuk kemesraan mereka ke dalam suatu album apik yang hingga kini menjadi salah satu tonggak sejarah musik Indonesia.

Kini setelah ditinggal pergi Alm. Chrisye untuk selamanya, Erwin Gutawa yang masih mengembara di dunia ini (konkritnya, di dunia blantika musik Indonesia) kembali menelurkan album bertajuk Orkestra yang memuat 9 lagu hasil kolaborasinya dengan mendiang Chrisye yang disajikan kembali secara full instrumental. Meskipun mas Erwin sendiri mengakui ini bukan album kumpulan karya masterpiecenya, namun secara tidak langsung album ini telah menjadi cerminan karya musik seorang maestro: kepiawaiannya dalam menyusun sebuah komposisi, dan membuat aransemen lagu yang berkualitas membuat Erwin Gutawa patut diacungi jempol.

Vokal Chrisye yang sangat khas, terbungkus dalam kesederhanaan pada setiap penyajiannya memang sulit untuk digantikan. Akan tetapi Erwin Gutawa mencoba menghadirkan kembali nyawa Chrisye di setiap lagu melalui berbagai solo instruments seperti gitar akustik, piano, dan harmonika dalam Orkestra. Menggunakan aransemen lama dengan solis sebagai pengganti posisi Chrisye ternyata ampuh dalam menghasilkan karya orkestrasi cemerlang. Dentingan piano Andi Rianto dalam lagu ‘Gita Cinta dari SMA’ sungguh menghanyutkan dan secara sukses menghadirkan kesan grand class. Lain diantaranya yakni 'Merpati Putih,' 'Damai Bersamamu' dan 'Untukku' yang aransemennya sudah sangat dikenal dan sudah nancap di kuping kita namun kembali disajikan dengan sangat syahdu. Chrisye mungkin memiliki vokal yang tidak tertandingi dan tidak akan pernah tergantikan, tetapi semangat dan jiwanya bisa tetap hadir dan kita nikmati setiap saat lewat karya-karya terbaru ini.